Review Novel 'Lelaki Harimau' Karya Eka Kurniawan



Judul Buku : Lelaki Harimau
Penulis : Eka Kurniawan
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Tebal : 194 hlm
ISBN : 978-602-03-0749-7
Rating :
4.5/5

Sebuah karya fenomenal dari Eka Kurniawan, maka tak heran bila karyanya ini telah diterjemahkan ke dalam 13 bahasa. Bahkan pada tahun 2016, novel yang diterjemahkan ke bahasa Inggris dengan judul Man Tiger ini berhasil meraih penghargaan Emerging Voices 2016 di New York, untuk kategori fiksi. Itu adalah sebuah penghargaan yang sangat prestisius bagi penulis karena berhasil mengalahkan 800 penulis lain dari seluruh dunia.

Suguhan yang menarik dari Eka, karena di awal cerita kita telah diberi sebuah peristiwa pembunuhan yang pelakunya langsung diketahui pada awal cerita. Mari kita kutip sebuah kalimat yang paling diingat oleh semua pembaca: "Bukan aku yang melakukannya," Ia berkata dan melanjutkan, "Ada harimau di dalam tubuhku."

Dengan pemaparan plot yang terkesan acak-acakan, justru di sanalah letak kejeniusan Eka. Ia menyusun plot dengan 'acak-acakan' yang sangat rapi, sehingga pembaca terus dibuat penasaran. Pembaca terus digiring untuk membuka 'motif' dari sang pembunuh Anwar Sadat, yaitu Margio.

Cerdas. ini adalah buku pertama karya Eka Kurniawan yang saya baca, dan ketika membacanya saya dibuat teringat akan sosok Gabriel Garcia Marquez, seorang peraih nobel sastra asal Kolombia. Karena Eka begitu luwes dan menakjubkan ketika membuka psikis atau latar belakang masing-masing tokoh. Kita jadi akan sulit mmberikan penilaian siapa yang benar dan siapa yang salah, karena semua tokoh mempunyai motif tersendiri yang mengakibatkan perstiwa pembunuhan itu.

Selamat untuk Eka, karena dia telah mejadii salah satu penulis favorit saya.

Kumpulan Cerita Pendek, Puisi, Ulasan Buku, Keseharian, serta Kenangan akan segala hal yang tak dapat diucapkan. Baca, Rasakan, dan Lihat Kenyataan.

4 komentar

wahh,jadi pengen baca juga bang

Eka Kurniawan memang keren, novel-novel buatannya uhhh nyentuh sukma banget

Ughhh nyentuh gan novelnyaaa :)